Sabtu, 03 Agustus 2013

KECERDASAN EMOSIONAL ANAK

5 MACAM KECERDASAN EMOSIONAL ANAK
Anak yang memiliki kecerdasan emosioanal yang tinggi akan lebih memiliki kecakapan lebih bila dibandingkan dengan anak yang hanya memiliki kecerdasan intelektual saja. Anak yang memiliki kecerdasaan emosional yang baik maka biasanya anak tersebut akan mudah bergaul, memiliki kepribadian yang lebih banyak disukai oleh orang lain dan cenderung memiliki ketahanan fisik yang lebih kuat karena anak mampu mengelolah emosinya dengan baik. Aspek – aspek kecerdasan anak dapat dibagi menjadi 5 macam, yaitu :
1. Kecerdasan untuk mengenali emosi sendiri
2. Kecerdasan mengelola emosi
3. Kecerdasan memotivasi diri
4. Kecerdasan untuk mengenali emosi orang lain
5. Kecerdasan sosial
Lima aspek kecerdasan emosi anak sebaiknya dibina sejak anak usia dini. Keberhasilan dalam membentuk kecerdasan emosional akan sangat membantu anak dalam mengarungi kehidupannya kelak. Kondisi hati dan jiwa yang tenang akan mampu untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik. Karena tidak mungkin manusia hidup tanpa masalah, termasuk juga anak. Semua orang punya masalah, tinggal yang membedakannya adalah bagaimana cara menghadapi masalah tersebut. Kombinasi yang baik antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi akan membuat permasalahan mudah untuk diselesaikan. Tentunya dengan ijin Allah Sang Maha Pencipta.
CARA MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK SEJAK DINI
1. Mengembangkan kasih sayang
2. Mendidik tata krama kepada pada anak
3. Menumbuhkan rasa empati pada anak
4. Mengajarkan kejujuran dan berfikir realistis kepada anak
Kecerdasaan emosional anak harus distimulasi sejak anak usia dini. Luangkan waktu minimal 20 menit setiap harinya untuk memberikan dan menemani anak. Bangun komunikasi yang baik dengan anak agar terjalin hubungan keluarga yang harmonis yang akhirnya bisa menghantarkan anak menemukan jati dirinya dan siap untuk menghadapi tantangan jaman dengan segala permasalahannya.
Bisa dengan mendongeng dan bermain yang kreatif


ahmad barack.com

0 komentar:

Posting Komentar